Jumat, 14 Juni 2013

Biografi Singkat Presiden - Presiden Amerika Serikat ( Brief Biography of the Presidents of the United States )

George Washington
Presiden AS ke 1 (1789-1797)
          George Washington adalah presiden pertama Amerika Serikat yang lahir di Wakefield daerah Pope’s Creek, Westmorstandco, Virginia, pada 22 Februari 1732. Ia lahir dari pasangan Agustinus Washington dengan Mary Ball. Ayah George adalah seorang petani yang mempunyai tanah sangat luas sehingga masa kecilnya dihabiskan di daerah pertanian. Ketika ayah George meninggal, ia baru berusia 11 tahun. Pada umur 16 tahun ia mulai hidup dengan saudara tirinya Lawrence. Tahun 1749, George menjadi tenaga peneliti pada Culpeper Co. diantaranya ia meneliti tanah. Satu tahun sebelum George memasuki dinas militer, Lawrence meninggal (1752) dan mewariskan kekayaan kepadanya. Penjajah Perancis yang mulai membuat kerusuhan, membuat George dikirim ke Ohio. Meskipun kalah, tak menyurutkan semangat Washington pada bidang militer. Dalam misi pasukan Inggris di Amerika Utara ia ditunjuk menjadi Panglima Pasukan selama 4 tahun (1755-1758) untuk melawan Perancis. Akhir tahun 1758 ia pensiun dan kembali ke Virginia. Sesudah menikah dengan Martha Dandradge Custis, ia ditunjuk sebagai anggota House of Burgesses sampai 1774
          Suasana buruk menimpa Amerika akibat ulah penjajah Inggris yang menerapkan diversifikasi pajak. George dan koloni di Amerika menentang. Washington yang saat itu menjadi utusan Kongres Kontinental dipilih menjadi Panglima Tertinggi tentara Kontinental. Bakat militer, kekayaan dan reputasi menjadi modal untuk memimpin pertempuran untuk melawan Inggris. Diumumkannya Declaration of Independence membuat Amerika masuk perang kemerdekaan yang diikuti oleh Perancis dan Spanyol. Dengan kegigihan George dan tentaranya membuahkan hasil, yaitu diakuinya Amerika sebagai negara merdeka oleh Inggris sesuai Perdamaian Paris (1783). Semangatnya mendukung pemerintah federal menyebabkan ia terpilih sebagai ketua Konvensi Undang-Undang Dasar tahun 1787. Ia juga memainkan peranan penting dan mendukung Undang-Undang itu diratifikasi. George Washington secara bulat  dilantik menjadi Presiden AS pertama pada 30 April 1789 di New York. Prorgram besar-besaran dilakukannya. Tahun 1792 ia terpilih kembali untuk kedua kalinya. George terpilih lagi untuk ketiga kalinya tapi ia menolak karena tak bisa menyelesaikan Pemberontakan Whiskey pada suku Indian. Tanggal 14 Desember 1799 George menghembuskan napas yang terakhir dengan meninggalkan seorang istri tanpa seorang pun keturunan

John Adams
Presiden AS ke 2 (1798-1801)
          John Adams juga wakil presiden pertama AS (1789-1797). Ia lahir di Braintree, Massachusetts, 30 Oktober 1735 dari pasangan John Adams dan Sussanna Boylston. Sesudah lulus dari bidang hukum di Harvard College, ia bekerja pada kantor kehakiman kota Boston. Salah satu karyanya di bidang hukum adalah A Dessertion on the Canon and Feudal Law. Karya ini mengemukakan bahwa perlawanan dari daerah koloni sebagian dari pergolakan antara paham perseorangan dan kekuasaan badan hukum. Sebagai anggota Continental Congress, pengaruhnya sangat besar terutama dalam merumuskan kemerdekaan bersama Thomas Jefferson, Franklin, Livingstone dan Sherman. Kariernya dibidang politik dimulai sebagai komisaris untuk Perancis dan Belanda. Tahun 1779 ia diangkat sebagai Duta Besar AS pertama untuk Inggris. Tahun 1788 dan 1792 ia mendampingi George Washington sebagai wakil presiden. 1796 saat ia mencalonkan diri sebagai presiden ia bersaing dengan Thomas Jefferson. Bayang-bayang kebesaran Washington lah yang memenangkan John menjadi presiden.
          Masa pemerintahannya diwarnai kisruh dalam politik luar negeri, terutama hubungan dengan Inggris dan Perancis. Sikap John dianggap lembek oleh rakyat saat Perancis memusuhi AS. Ia tak memberanikan diri untuk berperang. Ia tersingkir dari panggung politik saat akan menjadi presiden untuk kedua kalinya. Ia dikalahkan Thomas Jefferson yang mendapat simpati dari Dewan Perwakilan Rakyat. John Adams adalah presiden AS pertama yang mendiami Gedung Putih. Sesudah pensiun dari presiden, ia kembali ke Massachusetts. Ia masih menyaksikan putranya John Quincy Adams, dilantik menjadi presiden AS keenam. John Adams meninggal pada tanggal 4 Juli 1826 bersamaan dengan kematian Thomas Jefferson dan ulang tahun Kemerdekaan AS ke-50.

Thomas Jefferson
Presiden AS ke 3 (1801-1809)
            Thomas lahir pada tanggal 13 April 1743 di Shadwell, Virginia dari pasangan Peter Jefferson yang seorang insinyur dan pengusaha tembakau dengan Jane Randolph. Ketika Thomas berumur 14 tahun, ayahnya meninggal, dan mewariskan tanah seluas 2.750 acre beserta para buruhnya. Ia menempuh pendidikan di Kolose William and Mary, tapi tak tamat. Lalu ia meneruskan pendidikannnya di bidang hukum. Sesudah lulus ia bekerja di Pengadilan Virginia, bersamaan dengan itu ia duduk dalam Dewan Perwakilan Virginia. Sebelum menulis rancangan dasar dari Declaration of Independence ia menjadi anggota The Virginia Commitee of Correspondence. Masa awal kemerdekaan AS ia terpilih sebagai anggota The Virginia House Delegates (1776-1779) dan terpilih sebagai gubernur selama 2 periode. Dua gagasan penting yang berkaitan kebebasan beragama di Virginia dan pendidikan masyarakat, ditulisnya dlam Statute of Virginia for Religion Freedom dan Bill for More General Diffudion of Knowledge. Ia memandang penting pendidikan bagi seluruh masyarakat dan kebebasan beragama. Penolakan rencana pendidikan dan tuduhan militer yang tidak efektif membuat dia mengudurkan diri dari gubernur pada bulan Juni 1781.    
          Setelah duduk di Continental Congress dan diplomat, ia berjasa mengadakan perjanjian dagang dengan Perancis (1785). Setahun kemudian ia diangkat menjadi Duta Besar AS untuk Perancis selama 5 tahun. Sepulangnya ke AS, ia ditunjuk oleh Presiden Washington sebagai Menteri Luar Negeri. Dalam kabinet ia mempunyai perbedaan yang tajam dengan Menteri Keuangan Alexander Hamilton. Muncullah perselisihan dalam partai. Saat mencalonkan diri menjadi presiden ia kalah dengan John Adams. Barulah pada tahun 1801 ia berhasil menjadi presiden AS ke 3. Prestasi besar ditunjukkan Thomas saat menjadi presiden, yaitu membeli daerah Lousiana dari Perancis seharga 15 juta dolar yang membuat wilayah AS 2 kali luasnya dan mengangkat prestise AS dimata internasional. Thomas menolak dicalonkan lagi untuk ketiga kalinya, karena ia sudah puas. Dan ia lalu mendirikan Universitas Virginia yang diresmikan pada 1819. ia meninggal pada 4 Juli 1826.

James Madison
Presiden AS ke 4 (1809-1817)
            James Madison lahir pada 16 Maret 1751 di Port Conway, King George Co, Virginia, putra sulung dari pasangan James Madison dan Eleanor Rose Conway. Sesudah lulus dari jurusan sastra, filsafat, teologi dan dasar pemerintahan di Universitas Princeton, New Jersey. Tahun 1776 ia duduk di Virginia Constitutional Convention. Sebagai anggota Kongres Kontinental ia ikut menyusun dan mensahkan undang-undang dasar Amerika. Ia juga menjabat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika yang juga mensahkan amandemen pertama. Ia juga dikenal juga penentang keras undang-undang asing dan memberangus kritik. Jasa yang besar untuk menyusun Konstitusi Amerika, ia diberi gelar Bapak Konstitusi AS. Ketika Thomas Jefferson menjadi presiden ia ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri. Prestasinya yaitu membeli Lousiana. Sesudah ia menjadi presiden ia menjalan politik dengan tegas dan menentang kaum federalis yang akan menggusur Konstitusi Amerika. Dan ia terpilih kembali pada pemilu 1812.
          Masa-masa sulit James terjadi pada saat kapal-kapal Amerika dihadang pasukan Inggris pada saat ke Perancis. Dan ini menyebabkan perang antara Amerika dan Inggris yang terjadi selama 2 tahun yang dimenangkan oleh Amerika. Pernag inilah yang mendorong terciptanya lagu kebangsaan Amerika “The Star Spangled Banner’’ oleh Francis Scott Key. Selama menjabat ia berhasil menetapkan cukai bagi industri, membangun jalan dan terusan. James keluar dari Gedung Putih tahun 1817. Setelah pensiun dari presiden ia diangkat Rektor di Universitas Virginia. Sebagai kaum union ia berusaha sekerasnya agar tak terjadi perpecahan negara. Tanggal 28 Juni 1836 ia meninggal dunia.

James Monroe
Presiden AS ke 5 (1817-1825)
            James Monroe lahir tanggal 28 April 1758 di Westmoreland, Virginia, dari pasangan Spence Monroe dan Eliza Jones. Keduannya berkebangsaan Skotlandia dan Wales. Sesudah lulus dari Kolose William and Mary, ia kemudian masuk resimen tentara dan dikirim pada peperangan di Treton. Setelah keluar dari dinas tentara ia masuk sekolah hukum dan bersahabat dengan Thomas Jefferson ia masuk panggung politik. Tahun 1783-1786 ia menjadi anggota The Virginia House of Delegates and of Congress. Tahun 1790 ia menjadi senator dan kemudian diangkat sebagai Dubes untuk Perancis selama dua tahun. Lalu tahun 1799-1802 dan 1811 ia menjadi gubernur Virginia dan membantu untuk pembelian Lousiana. 1810-1811 ia terpilih menjadi anggota Dewan Rakyat Virginia. Kemudian saat James Madison menjadi presiaden ia diangkat menjdi Menteri Lura Negeri. Tahun 1816 ia terpilih menjadi presiden menggantikan Madison. Tahun 1820 ia terpilih kembali dengan suara mutlak.
          Selama memerintah Monroe mengesampingkan fanatisme kedaerahan. Secara terang-terangan ia menentang perbudakan dalam Kompromi Missiouri. Karya terbesar Monroe selama menjadi presiden AS yaitu Doktrin Monroe yang menyatakan : campur tangan luar terhadap kepentingan benua Amerika merupakan ancaman yang membahayakan bagi kesatuan benua itu ( American for the Americans ). Tahun 1825 ia berhenti jadi presiden AS dan pulang ke Virginia. Terpaksa ia menjual harta bendanya karena terlilit masalah keuangan. Bersama putrinya ia ke New York sampai meninggal pada 4 Juli 1831.

John Quincy Adams
Presiden AS ke 6 (1825-1829)
            John Quincy Adams lahir pada 11 Juli 1767 di Braintree, Massachussets dari pasangan John Adams dan Abigail Adams. Ia menempuh pendidikan di Paris, Leiden dan Univ. Harvard dan lulus pada tahun 1787. Quincy juga dikenal cakap dalam bidang hukum, sejarah dan beberapa bahasa. Pada tahun 1794, pada pemerintahan George Washington ia diangkat menjadi Dubes As untuk Belanda. Saat ayahnya menjadi presiden, ia dutus ke Berlin untuk misi perdmaian dan perdagangan. Sebelum terpilih sebagai utusan AS ke Rusia tahun 1802 ia terpilih sebagai anggota Senat Massachussets (1799-1801). Pada masa Presiden Madison ia diangkat Dubes untuk Rusia. Dan pada pemerintahan presiden Monroe diangkat sebagai Sekretaris Negara dan berhasil mendapatkan Florida dari penjajah Spanyol. Tahun 1825 ia dipilih sebagai presiden oleh Dewan Perwakilan Rakyat Amerika.
          Masa pemerintahannya ia memperkuat peranan presiden dalam menerapkan kebijakan politik negara, kebijakan fiskal. Ia juga membangun berbagai infrakstruktur. Ia juga berperan dalam memberi perlindungan bagi suku Indian. Saat mencalonkan diri untuk kedua kalinya ia kalah dari Andrew Jackson. Ketika mengikuti sidang DPR, Quincy pingsan akibat stroke, dua hari kemudian ia meninggal pada tanggal 23 Februari 1848.

Andrew Jackson
Presiden AS ke 7 (1829-1837)
            Andrew Jackson lahir di Waxhaw, Carolina Selatan, 15 Maret 1767 oleh petani miskin Andrew Jackson dan Elizabeth Hutchinson yang imigran dari Irlandia. Saking miskinnya, ia tak mengenyam bangku sekolah, namun semangat pemberaninya dan tak kenal lelah ia nekat masuk dinas tentara milisi. Sejak kecil sifat pemberontaknya sudah terlihat dengan ia dipenjara oleh tentara Inggris pada usia 13tahun. 3 tahun belajar hukum dengan seorang pengacara membuat ia menjadi pengacara handal. Pada usia 20 tahun ia membuka praktek di Nashville,Tennessee. Tahun 1796 ia dilibatkan dalam penyusunan Konstitusi Tennessee dan menjadi orang pertama yang mewakili Tennessee di Kongres Amerika. Tahun 1797 dan 1823 ia menjadi senat. Lalu tahun 1804 ia diangkat Komando Tentara Milisi Tennessee dengan pangkat Mayor. Ia sukses dalam mengalahkan suku Indian Creek di Alabama dan Inggris di New Orleans juga merebut Florida dari Spanyol. Ketika Monroe mundur dari kursi presiden, ia mencalonkan diri, tapi kalah dengan John Quincy Adams. Baru tahun 1829 ia dilantik menjadi presiden. Masa pemerintahannya dianggap memihak rakyat dengan semboyan ‘’Biarkan Rakyat yang Memerintah’’. Ia juga mengakui keberadaan Republik Texas. Ia mundur dari kursi presiden pada 1836 akibat ketidakpercayaan DPR padanya. Kesehatannya mulai memburuk dan kekayaannya habis setelah pensiun dari presiden. 8 Juni 1845 ia meninggal dunia.

William Henry Harrison
Presiden AS ke 9 (1841)
            William Henry Harrison lahir pada 9 Februari 1773 di Berkeley, Virginia. Adalah putra ketiga Benjamin Harrison, yaitu salah sau penandatangan Declaration of Independence. Semula ia menjadi dokter, tapi ia berhenti karena ayahnya meninggal. Kemudian ia masuk dinas militer selama 7 tahun. Tahun 1800 ia diangkat menjadi Gubernur Teritori Indiana sekaligus pengawas urusan Indiana. Pada 5 Oktober 1813 ia menang melawan Indiana-Inggris. Lau pada tahun 1816-1819 ia menjadi anggota Kongres dan tahun 1825-1829 menjadi senator. Sebagai anggota Partai Whig ia menggunakan kecermerlangan karier militer sebagai tema kampanye pemilihan presiden. Akhirnya tahun 1840 ia menjadi presiden AS ke 9. Harrison merupakan presiden AS pertama yang meninggal pada saat memerintah. Ia menjalankan tugasnya selama 31 hari dalam keadaan sakit yang disebabkan terguyur hujan pada saat pelantikkannya. Tanggal 4 April 1814 ia meninggal dunia. Meskipun ia belum sempat bertindak jauh dalam memimpin Amerika, di kemudian hari seorang cucunya Benjamin Harrison berhasil menduduki jabatan presiden.

John Tyler
Presiden AS ke 10 (1841-1845)
            John Tyler lahir pada  tanggal 29 Maret 1790 di Greenway, Virginia dari pasangan John Tyler dengan Mary Armistead. Ayah John adalah Gubernur Virginia. 1807 ia lulus lulus dari Kolose  William and Mary dan bekerja sebagai pengacara selama 2 tahun. Pada usia 21 tahun ia terpilih sebagai anggota perwakilan rakyat negara bagian Virginia dan terpilih sebagai anggota Perwakilan Rakyat Amerika (1816-1821) dua tahun kemudian ia duduk sebagai legislature di Virginia. Saat perang Amerik-Inggris pecah ia dikirim untuk memimpin suatu kompi untuk mempertahankan Virginia. Ia juga berbeda pendapat dengan Andrew Jackson yang dianggapnya sudah lalim. Ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden saat Harrison menjabat. Setelah Harrison meninggal, ia diangkat sebagai presiden. Sukses yang dicapai John dalam menempuh politik luar negeri adalah dicapainya Perjanjian Webster Ashburton yaitu perjannjian yang menyangkut perbatasan timur laut dengan Inggris. Ia menolak dicalonkan kembali untuk kedua kalinya. Ia meninggal pada tanggal 18 Januari 1862.

James Knox Polk
 Presiden AS ke 11 (1845-1849)
            James Konx Polk lahir di Mecklenburg, New Yok pada 2 November 1795. Semasa kecil  ia sering sakit-sakitan, pada usia 17 tahun seorang dokter bedah berhasil mengeluarkan batu empedu dari badannya dan membuat sehat kembali. Semangatnya yang bernyala-nyala dan kerja kerasnya mengantarkan ia sukses dari pendidikan di Carolina Utara dengan predikat ‘’cumlaude’’. Sesudah membuka praktek pengacara selama 5 tahun ia diangkat sebagai anggota parlemen Tennessee (1823-1825). Kedekatan dengan Andrew Jackson mengantarkan ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan AS selama 14 tahun. Ia keluar dari keanggotaan kongres untuk menduduki jabatan gubernur Tennessee (1839-1841). Pada masa pemilihan gubernur berikutnya ia tersisih. Tahun 1844 James Polk dicalonkan sebagai presiden dari Partai Demokrat dan menjadi presiden, hanya karena ia secara lantang menuntut pengembalian Oregon dan Texas. Usahanya pun berhasil, malah ia mendapatkan New Mexico, Arizona dan California dari Mexico dengan membayar 15 juta dolar. Tapi ia kehilangan Vancouver yang diserahkan pada Inggris. Ia meninggalkan Gedung Putih tahun 1849 dan pindah ke Nashville. Hanya 3 bulan sesudah mundur ia jatuh sakit sampai meniggal tanggal 15 Juni 1849.

Zachary Taylor  
Presiden AS ke 12 (1849-1850)
          Zachary lahir tanggal 24 November 1784 di Orange, Virginia dari pasangan Richard Taylor dengan Sarah Strother. Zachary mengawali kariernya dengan masuk dinas militer dengan pangkat letnan tahun 1808. Tahun 1812 ia dikirim perang melawan Inggris di California dan perbatasan Mexico. ‘’Si Kaisar Tua’’ ini akhirnya memenangkan peperangan. Dengan keberhasilannya ia diangkat Mayor Jenderal oleh Presiden Polk dan menjadikannya pahlawan nasional, hingga dicalonkan dan terpilih menjadi presiden tahun 1848. Kegemilangan dibidang militer tidak diimbangi dibidang politik. Korupsi yang menggerogoti kabinetnya, banyak dikecam oleh DPR, ditambah perselisihan antara wilayah Utara dan Selatan. Cita-cita Zachary mencegah perselisihan tidak tercapai. Ia jatuh sakit setelah menghadiri upacara HUT AS ke 47. tanggal 9 Juli 1850 ia meninggal dunia.

Millard Fillmore
Presiden AS ke 13 (1850-1853)
          Millard Fillmore lahir pada 7 Januari 1800 di Cayuga, New York dari pasangan petani miskin dengan rumah dari batang kayu. Sebagai anak dari keluarga miskin ia sulit mencapai pendidikan yang baik. Tapi dengan usaha yang keras mempelajari hukum, ia akhirnya mendapat ijin membuka praktek pengacara tahun 1823. Ia mulai terjun ke dunia politik karena ajakan politikus yang mengetahui bakat politiknya. Tahun 1829-1832 ia menjadi anggota Majelis Negara Bagian kemudian menjadi anggota DPR AS dari 1833-1835 dan 1837-1843. Millard dikenal sebagai tokoh anti perbudakan dengan menentang Texas sebagai kawasan perbudakan. Tahun 1844 ia terpilih menjadi wapres mendampingi Zach Taylor. Dia juga berbeda pendapat mengenai perselisihan Utara-Selatan. Kematian Zach Tylor, secara otomatis ia menjadi presiden tahun 1850. Ambisinya untuk mewujudkan undang-undang perbudakan mengakibatkan ia dijauhi temannya dan gagal jadi presiden kembali. ia dicalonkan lagi tahun 1853 tapi gagal. Sakit lumpuh mengakibatkan dia meninggal pada 8 Maret 1874 di Buffalo.

Franklin Pierce
Presiden AS ke 14 (1853-1857)
          Franklin lahir di Hillsboro, New Hampshire tanggal 23 November 1804, putra dari Benjamin Pierce, veteran Revolusi Amerika serta 2 kali menjabat gubernur New Hampshire. Dalam usia 20 tahun ia lulus dari sekolah tinggi Bowdoin dan mempelajari ilmu hukum. Tahun 1829 ia bekerja sebagai legislature New Hampshire dan sempat menjadi ketua. Tahun 1833 ia terpilih sebagai anggota Kongres sampai tahun 1837. Antara tahun 1837-1842 ia membuka prkatek hukum. Saat perang melawan Mexico ia menjadi tentara sukarelawan dan ikut berperang sampai berpangkat brigadir jenderal. Tahun 1852 ia dicalonkan sebagai presiden dari Partai Demokrat dan menang. Ia hampir tak punya semangat memasuki Gedung Putih akibat kematian anaknya akibat kecelakaan. Perselisihan wilayah Utara-Selatan masih menjadi program Franklin. Dia juga turut memajukan Kansas dengan membuat undang-undang dan transmigrasi ke Kansas. Diambang akhir jabatannya, Franklin menyatakan optimis terhadap masa depan Kansas. Empat tahun setelah dia pensiun, perang saudara Amerika pecah, akibat ketidak-konsistennya terhadap pemerintah, ia dijauhi temannya. Sampai ia meninggal 8 Oktober 1869 ia sebagai orang terasing dilingkungannya.

James Buchanan
Presiden AS ke 15 (1857-1861)
          James lahir pad 23 April 1791 di Merscersburg, Pensylvania. Orang tuannya keturunan Skotlandia dan ia anak orang yang berada. 1809 ia lulus dari Dickinson dan masuk tentara milisi (1812). Karier politiknya dimulai dengan menjadi anggota DPR AS dan terpilih beberapa kali. Setelah menjadi Dubes untuk Rusia ia menjadi anggota Kongres tahun (1820-1831). Tahun 1834-1835 ia menjadi senator. Saat Polk memerintah ia ditunjuk menjadi menteri luar negeri dan berhasil menyelesaikan masalah Oregon dan Texas. Saat Pierce, ia menjadi Dubes untuk Inggris. James terpilih menjadi presiden tahun 1856. warisan perpecahan harus diselesaikan. Sampai ia menanggapi keputusan Dred Scoot yang merestui perbudakan. James menjadi bulan-bulanan rakyatnya, karena keputusannya tentang perbudakan dan sikapnya yang lembek. Keadaan ini merugikannya sampai ia dikalahkan Abraham Lincoln saat pemilu presiden. Ia meninggal tanggal 1 Juni 1868.

Abraham Lincoln
Presiden AS ke 16 (1861-1865)
          Abraham Lincoln lahir pada tanggal 12 Februari 1809 di Hardin. Ia lahir dari petani miskin yang pekerjaannya sebagai tukang kayu. Ia mencicipi bangku sekolah selama 1 tahun. Dia punya kemauan keras dengan banyak membaca buku, sampai pada usia 28 tahun menjadi ahli hukum. Tahun 1834 ia berhasil menjadi anggota DPRD wilayah Illinois selama 4 periode. Pekerjaannya yang lain adalah sebagai pengacara. Ia berteman dengan Stepen Douglas yang memaksanya untuk berkampanye pencalonan senat, yang kemudian menjadi perdebatan karena tema kampanyenya. Tahun 1860 ia dicalonkan menjadi presiden dari Partai Republik dan menghadapi Douglas, yang dimenagkan oleh Abraham. Banyak sekali masalah yang dihadapi Abraham, seperti ingin lepasnya beberapa negara bagian dari AS dan perbudakan. Hingga Abraham memperjuangkan kebebasan dan penghapusan budak. Tahun 1864 ia terpilih kembali jadi presiden dan menyambutnya dengan murah hati. Kehidupan Abraham berakhir tragis saat aktor gila John Booth menembaknya pada 14 April 1865 di Teather Ford, Washington DC.

Andrew Johnson
Presiden AS ke 17 (1865-1869)
          Andrew Johnson lahir dari pasangan penjaga pintu gereja dan penjaga pintu penginapan pada 29 Desember 1808 di New York. Keadaan yang miskin menyebabkan ia tidak mendapatkan sekolah formal. Pada usia muda ia bekerja sebagai penjahit. Ia menikah dengan gadis yang berpendidikan tinggi sehingga meningkatkan diri dalam hal kecakapan. Sejak ia menjadi tokoh masyarakat. Tahun 1843 ia jadi anggota Kongres AS selama 10 tahun. Kemudian jadi Senator dan Gubernur Tennessee. Penembakan Lincoln tahun 1865 memberi kesempatan Andrew menduduki jabatan presiden , karena waktu itu ia menjadi wakil presiden tahun 1864 dan banyak mendapat dukungan dari Demokrat. Banyak yang ia lakukan selama menjabat presiden dengan membuat undang-undang tentang perbudakan dan menagamandemen beberapa undang-undang. Tapi usaha itu ditolak Partai Republik. Dia mengabaikannya dengan memecat dari Partai Republik. Banyak kritik menimpannya hingga ia digulingkan 26 Mei 1868. Setelah pensiun dari presiden ia terpilih menjadi Senator, tapi kariernya pupus karena lumpuh hingga meninggal 31 Juli 1875.

Ulysses Simpson Grant
Presiden AS ke 18 (1869-1877)
          Grant lahir di Point Plesant, Ohio tanggal 27 April 1822 dari pasangan imigran dari Inggris. Nama aslinya sebenarnya Hiram Ulysses Grant. Tapi karena sifantnya yang malas dia dijuluki Use-less Grant. Dia malas ke sekolah, enggan membantu orang tua dan sering bermain kuda. Sampai ia masuk ke Akademi Militer di West Point. Di akmil dia dapat mengembangkan bakatnya bahkan ia cakap dalam ilmu matematika dan teknik. Dia mempunyai teman Jesse Grant yang memasukkannya ke akmil. Lalu ia menyuruh mengganti nama dengan menghilangkan Hiram dan menambahkan Simpson. Selesai pendidikan ia langsung masuk dinas militer selama 10 tahun dengan pangkat pertama letnan 2. lalu dengan Zach Taylor dia dikirim ke Mexico utuk berperang. Dan berhasil menang hingga pangkatnya menjadi Brigadir Jendral setelah menyelesaikan perang Utara-Selatan, dan membawanya ke arena poltik. Ia dilantik jadi presiden pada 4 Maret 1869 dengan predikat ‘’presiden termuda’’. Ia mengangkat kawannya menjadi bagian di kabinetnya. Dengan ketegasan dalam pemerintahan ia terpilih kembali utuk kedua kalinya. Undang-undang mengatur periode jabatan presiden tak lebih dari 2 periode, yang mengakibatkan Grant pensiun. Suatu kejadian buruk menimpanya ketika ditipu temannya yang mengakibatkan dia terlilit hutang. Untuk menebus utang dia menulis buku. Ia meninggal pada 23 Juki 1885.

Chester Alan Arthur
Presiden AS ke 21 (1881-1885)
          Chester lahir pada 5 Oktober 1830 di Farfield, Vermont. Putra dari pendeta. Sesudah lulus dari Union College tahun 1853 ia menjadi guru. Seperti kebanyakan presiden AS lainnya, ia menempuh sekolah hukum di New York, setelah tamat ia menjadi pengacara. Dia juga pernah membela budak kulit hitam ketika ia menangani suatu kasus. Perang saudara meletus, ia masuk dinas militer. Setelah tugasnya di militer selesai ia menjadi Kepala Bea Cukai di New York. Kemudian Chester dipilih sebagai calon wapres dalam pemilu 1880. Kematian Presiden Garfield menjadikan Chester menjadi presiden AS ke 21. Banyak gebrakan yang dilakukan Chester yaitu membuat undang-undang yang melarang orang Cina masuk AS. Sikap keras Chester untuk menghindarkan kebijaksanaan pemerintah dari pengaruh politik ternyata menimbulkan sikap permusuhan dari para pendukungnya. Ia tersingkir ketika pencalonan kedua kalinya. Selesai memangku jabatannya Chester  kembali ke New York dalam keadaan sakit. Tanggal 18 November 1886, 2 tahun sesudah ia meninggalkan Gedung Putih.

Stepen Grover Cleveland
Presiden AS ke 22 (1885-1888) dan 24 (1893-1897)
          Cleveland lahir pada tanggal 18 Maret 1837 di Caldwell, New Jersey, yang orang tuanya imigran dari Inggris. Karier Cleveland dititi melalui kantor Clinton dan Buffalo sebagai pegawai biasa. Sejak tahun 1859 ia diakui sebagai pengacara ternama, sehingga diangkat sebagai wakil jaksa. Lalu pada 1881 diangkat walikota Buffalo, kota dimana air terjun Niagara berada. Setahun kemudian ia menjadi Gubernur New York. Ia dikenal sangat anti korupsi dan ikut campur pemerintah untuk urusan ekonomi. Oleh karena itu ia dicalonkan menjadi presiden dan menyingkirkan calon lain. Pertentangan dengan kehendak rakyat mengakibatkan ia tersingkir untyuk menjadi presiden kembali. Setelah ia gagal, ia menjalankan praktek hukum. 4 tahun kemudian ia menantang Benjamin Harrison dalam pemilu presiden 1892 dan berhasil menyingkirkan Benjamin. Sekembalinya ke Gedung Putih ia langsung dihadapkan pada krisis keuangan yang mengakibatkan cadangan emas turun. Cleveland kembali melakukan kesalahan kedua dengan menolak tuntutan rakyat utuk mencampuri urusan bisnis. Ia juga menolak memberi tunjangan pada pekerja yang terkena krisis. Ditambah dengan politiknya mengenai Inggris dan Venezuela. Tahun 1897 ia meninggalkan Gedung Putih. Cleveland satu-satunya presiden AS yang menikah di Gedung Putih. Tanggal 24 Juni 1908 ia meninggal.


Benjamin Harrison
Presiden AS ke 23 (1889-1893)
          Benjamin lahir pada 20 Agustus 1853 di North Bend, Ohio. Benjamin Harrison adalah canggah dari presiden AS ke 9 William Henry Harrison. Awal pendidikannya dimulai dengan masuk sekolah pertanian. Sesudah lulus ia melanjutkan ke Universitas Miami. Tahun 1873 ia membuka praktek hukum di Indianapolis tapi tak berlangsung lama karena ia masuk dinas militer karena perang saudara. 1876 ia mencalonkan diri menjadi Gubernur Ohio tapi  gagal.Tapi ia berhasil tahun 1881 menjadi senator. Karier politiknya ketika mengalahkan Cleveland pada pemilu presiden AS ke 23. Tekanan utama kebijaksanaan politik Harrison adalah meningkatkan wibawa rakyat AS dalam kebijakan luar negeri. Tahun 1889 ia memprakarsai konferensi benua Amerika di Washington DC. Didalam negeri, kebijakan penting yang diambil adalah perbaikan angkatan darat dan laut serta perbaikan roda pemerintahan. Usaha Harrison untuk mengangkat ekonomi nasional ternyata belum mencapai harapan, bahkan terjadi kemerosotan. Hal ini menjadi alasan kurang percayanya rakyat padanya, yang mengakibatkan ia kalah dengan Cleveland pada pemilu presiden. Setelah pensiun dari presiden ia menjadi mediator pertikaian Inggris dan Venezuela. Dan menjadi wakil AS dalam Konferensi Perdamaian di Den Haag. Ia meninggal pada 18 Maret 1901 pada usia 48 tahun.

William McKinley
Presiden AS ke 25 (1897-1901)
          McKinley lahir pada 29 Januari 1843 di Niles, Ohio. Ia anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Pendidikannya dimulai di Polandia Ohio dan dilanjutkan ke Allegheny College. Kesehatannya yang memburuk mengakibatkan ia mundur dari bangku sekolah. Saat perang saudara pecah ia masuk dinas militer dan dikirim ke Virginia Barat. Setelah perang, ia belajar hukum di New York selama 1 tahun. 1867 ia membuka praktek. Berkat kepribadiannya yang menarik dan wataknya yang sopan, ditambah otaknya yang cerdas ia terpilih menjabat di House of Representatif selama 14 tahun. Tahun 1890 ia menjabat Gubernur Ohio dan menjalankannya selama 2 periode. McKinley menjadi calon presiden dari Partai Republik. Ia mendapatkan kemenangan yang gemilang berkat program tarif protektif dan uang sehat. Masa pemerintahannya diwarnai dengan kebijakan politik luar negeri, dengan menyelesaikan konflik saat kapal AS diserang Spanyol, tapi ia menyelesaikanya dengan cara damai. Popularitasnya yang tak pernah surut, ia terpilih kembali menjadi presiden. Selang 6 bulan setelah pelantikannya yaitu 6 September 1901 ia ditembak orang anarkis di Buffalo, New York. Ia meninggal pada tanggal 14 September 1901 setelah dirawat selama sepekan.

Theodore Roosevelt
Presiden AS ke 26 (1901-1909)
          Theodore Roosevelt lahir pada 27 Oktober 1858 di New York. Ayahnya adalah importir yang kaya raya. Ia merupakan paman dari presiden AS ke 32 Franklin D Roosevelt dan Eleanor Roosevelt. Sesudah menyelesaikan pendidikan di Harvard ia melanjutkan ke Columbia Law School. Karier politiknya diawali dengan duduk dalam parlemen New York selama 2 tahun. Setelah ia pensiun dari parlemen ia menjadi peternak di Dakota Utara, kemudian ia mencalonkan diri jadi walikota New York tapi gagal. tahun 1895 ia menjadi ketua Dewan Polisi New York. Kedekatannya dengan McKinley saat perang menghantarkannya menjadi Wakil Presiden bersama McKinley, dan menjadi presiden termuda saat McKinley terbunuh. Sebagai presiden ia mempunya sifat yang tegas dan adil. Ia menentang perusahaan-perusahaan besar bermain politik. Roosevelt juga pemerhati serius dunia internasional. Perang Jepang-Rusia tahun 1904-1905 mendorong dirinya terlibat untuk mendamaikan sehingga tahun1905 ia memperoleh Nobel Perdamaian. Ia pulalah sebagai orang pertama menggunakan Mahkamah Arbitrasi Internasional untuk menyelesaikan masalah internasional. Ia meninggal pada 6 Januari 1919 di Sagamore Hill, New York dengan meninggalkan seorang putri dan 4 orang putra.

William Howard Taft
Presiden AS ke 27 (1909-1913)
          Taft lahir di Cincinnati, Ohio tanggal 15 September 1857. Masa pendidikan dilalui Yale yang lulus tahun 1878 dan Cincinnati Law School lulus tahun 1880. Karier yang gemilang didapatnya melalui kerja keras. Yaitu Asisiten Jaksa Agung (1881-1883), Asisten Jaksa Negara Bagian (1885), Hakim Pengadilan Tinggi (1887), Jaksa Jenderal (1890), Hakim Federal (1892), Gubernur Sipil untuk Filipina (1901-1904) dan Gubernur Provinsional Kuba (1906). Kegagalannya saat pemilu presiden tak mengendorkan semangatnya. Hingga berhasil pada tahun 1908 dalam usia 52 tahun. Kekacauan dipartainya membawa pengaruh buruk baginya, karena hasil-hasil yang dicapainya kurang dihargai. Sikap konsevatifnya membuat marah kelompok progresif, karena sulit memasukkan ide-ide baru kearah pembaruan. Tapi ia menyumbangkan reservasinya mendukung terbentuknya Liga Bangsa-bangsa. Ia kalah untuk pemliu kedua kalinya. Dan setelah kalah ia menjadi Ketua Perserikatan Pengacara Amerika, Katua Mahkamah Agung Amerika. Sampai meninggal pada 8 Maret 1930.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar